THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

Selasa, 14 April 2009

Teknologi Informasi

Teknologi secara harfiah adalah bidang-bidang teknologi yang berhubungan dengan penyediaan dan penyampaianinformasi. Secara mudahnya teknologi rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan pengirim ke penerima sehingga:

1.Lebih cepat
2.Lebih luas sebarannya
3.lebih lama penyampaiannya


Informasi akan sampai ketujuan kalau ada komunikasi. Seringkas proses berlangsungnya komunikasi bisa digambarkan seperti berikut.

1.Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud.

2.Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung.

3.Komunikan (receiver) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya kedalam bhasa yang dimengertikedua pihak.

4.Komunikan (receiver) memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim.
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami inforamasi yang disampaikan orang lain. Tetapi jangkauan itu masi sangat terbatas. Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar informasi itu jangkauannya bisa sangat jauh. Adanya alfabet dan angka arabik memudahkan penyampaian informasi dari sebelumnya. Dengan kombinasi alfabet, atau penulisa angka yang tadinya MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi ini memudahkan penulisan informasi.
Amerika serikat mengklaim bahwa dengan penguasaan teknologi informasi yang mereka miliki, pertumbuhan produktivitas Amerika mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Pertumbuhan ini sangat meningkat dengan rata-rata 2,8 per tahunnya. Kehadiran internet pada saat ini telah memunculkan fenomena baru dengan banyak hal. Internet dengan cepat menjadikan tumpuhan utama teknologi informasi. Bahkan saat ini, membicarakn teknologi informasi selalu berhubungan dengan teknologi internet. Jadi dari sini dapat dipahami bahwa teknologi komunikasi, komputer, dan jaringan komputer adalah salah satu bagian dari teknologi informasi.

0 komentar: